Sundance Film Festival: Asia 2021, Kompetisi Para Filmmakers di Indonesia

Film tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tapi sudah menjelma menjadi media efektif untuk menyampaikan opini, mengedukasi pun sebagai media pendistribusi pesan sosial. Satu kesempatan baik bagi para sineas untuk bisa menghasilkan karya yang menghibur sekaligus memberi manfaat.

IDM dan XRM Media jeli melihat fenomena itu dengan menginisiasi kompetisi film pendek. Mau tau info lengkapnya? So check it out ya…

Tentang Sundance Film Festival

Dok. Sundance Institute

Sundance Institute didirikan tahun 1981 oleh Robert Redford di Amerika Serikat. Mereka adalah kurator film independen yang juga merupakan lembaga nirlaba yang menyediakan ruang bagi seniman di bidang teater , film, juga media digital untuk berkreasi dan berkembang. Sundance Film Festival menjembatani antara penonton dan seniman sebagai cikal bakal lahirnya ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk.

IDN Media

Sebagai perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebh dari 70 juta Monthly Active Users (MAU). Visinya mendemokrasikan informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Winston Utomo, CEO IDN Media, menyebut, “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Hasil karya film-film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film. Pada Short Film Competition ini, kami dan team sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Sangat berharap Sundance Film Festival: Asia bisa menjadi wadah untuk mendukung berkembangnya industri film di Indonesia.”

XRM Media

Perusahaan hiburan dan teknologi yang didedikasikan untuk mendukung, memproduksi, dan mendanai konten multikultural bersama mitra globalnya. XRM Media menjadi media anti-mainstream yang mampu menghubungkan audiens global melalui cerita yang resonan dan berpengaruh kuat.

Kata Michael Chow, Founder of XRM Media, “XRM Media merasa tersanjung bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. Kami yakini bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, kami XRM dan team berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens yang lebih luas dan meng- global.”

Winston Utomo, CEO IDN Media dan Michael Chow, Founder XRM Media

IDN dan XRM Media mempersembahkan Short Film Competition; Sundance Film Festival : Asia 2021. Satu kesempatan baik bagi para sineas tanah air untuk menunjukkan karyanya yang laik.

ARGO; Sponsor Sundance Film festival: Asia 2021

Dok. Sundance Institute

Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek, kompetisi ini dibuka untuk para insan perfilman Indonesia. Kompetisi ini mutlak bertujuan untuk menemukan, membina, serta memberikan panggung bagi talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke ranah global.

Arcadiy Golubovich, CEO Argo, menyebut, “Argo senang bisa turut mendukung terlaksananya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan mendukung penuh para pembuat film pendek. Dia yakini misi untuk mendemokrasi distribusi film dengan menghadirkan karya terbaik untuk audiens global sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi dalam komunitas film pendek.”

Film pendek favorit Anda dapat ditemukan di www.watchargo.com, atau aplikasi yang tersedia di iTunes App Store dan Google Play Store. Ikuti juga kami di Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube.

Dewan Juri Kompetisi Film Pendek (Short Film Competition)

Film pendek yang terkumpul dalam kompetisi ini akan melewati proses kurasi oleh dewan juri yang merupakan orang-orang pilihan dan tentunya berkompeten di bidangnya masing-masing. Masing-masing dari mereka adalah perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan sutradara film alumni Sundance Film Festival.

Nama-nama yang masuk dalam daftar dewan juri antara lain:

– Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival

– Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival

– Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival

– Susanti Dewi, Head of IDN Pictures

– Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival

– Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Diantara dewan juri ada seorang sutradara kebanggaan Indonesia. Karya-karyanya mendapat pengakuan tak hanya di dalam juga di luar negeri. Film horor karya Joko Anwar berjudul Perempuan Tanah Jahanam telah berhasil menembus Sundance Film Festival 2020. Eksistensiya di dunia perfileman tak perlu diragukan lagi. Jadi kalian para sineas bersyukur dan berbanggalah karena karya kalian akan dinilai oleh orang sekaliber beliau. Kesempatan baik jangan pernah di sia-siakan, bagi kamu para filmmakers  segera siapkan karya terbaik dan bersiaplah untuk dikurasi.

Hadiah Kompetisi Film Pendek (Short Film Competition)

Film pendek yang telah melewati proses kurasi, lalu terpilih menjadi karya terbaik, akan diapresiasi dengan beberapa hadiah seperti : Uang tunai sebesar USD 2.000, Film tersebut diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September, Film yang menang akan berkesempatan untuk tayang di Sundance Film Festival 2022, dan yang tak kalah menarik akan mendapatkan distribusi global melalui platform Argo.

Pendaftaran Kompetisi Film Pendek

Pendaftaran dibuka hingga 9 Juli 2021, dengan syarat Warga Negara Indonesia usia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam atau di luar negeri, tanpa batasan genre, proses pengerjaan film selesai pada atau setelah 1 Januari 2019, durasi film yang dilombakan antara 3 sampai 20 menit.

Informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, bisa kunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

***

Ada sebuah kata-kata bijak tentang kompetisi untuk menyemangati para sineas Indonesia, “Persaingan paling sehat terjadi ketika orang rata-rata menang dengan usaha di atas rata-rata.”

Jadi, kamukah orang dengan usaha dan hasil di atas rata-rata itu?

***

Kontak

Zefanya Deby

Head of Communications

zefanya.deby@idntimes.com

081315658052

 

Saraya Adzani

Senior PR & Partnership Associate

saraya.adzani@idntimes.com

081218862176

Saya Mina Megawati, panggil Bunda Mega. Ibu dari seorang putri dan putra. Blog “Cerita Bunda” merupakan blog khusus tentang Menulis dan Lifestyle. Ini adalah media penampung hobi menulis bunda mulai dari opini, review tontonan dan bacaan, travelling, kuliner sampai tentang kesehatan dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post Resensi Cerpen Penjual Es Lilin; Kumcer “Di Dalam Lembah Kehidupan” Karya HAMKA
Next Post Ketemu Passion Sebelum Usia Pensiun